Skip to main content

Pandawa Beach Bali, Sejarah, Lokasi dan Aktivitas Penunjang wisatawan

pantai pandawa bali
Pintu Masuk Pantai Pandawa
Pantai pandawa merupakan tempat wisata Bali pantai yang tergolong Baru di Bali, Pantai yang dulu merupakan ladang pertanian rumput laut yang di kelola oleh masyarakat lokal desa kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali.

Sejarah Pantai Pandawa
Pantai pandawa Bali
Sunset @Pandawa
Pantai pandawa merupakan pantai dimana masyarakat desa kutuh melakukan ritual melasti (Penyucian desa secara ritual Hindu), Masyarakat desa kutuh harus menuruni tebing sekitar 60 meter dengan berjalan kaki untuk mencapai pantai ini sebelum akhirnya Kepala Desa adat Kutuh, Bpk. Drs. Inyoman Mesir berinisiatif untuk menjadikan pantai ini lebih mudah di akses oleh masyarakat untuk kepentingan upacara sehingga memudahkan masyarakat dalam melaksanakan ritual melasti. 

Karena keindahan pantai pandawa yang sangat alami dan pantai yang bersih dan memanjang sekitar 1 kilometer, Pantai pandawa akhirnya semakin di kenal oleh beberapa masyarakat desa lainya dan akhirnya menyebar luas hingga ke mancanegara karena keindahan pantainya.

Sepanjang tebing menuju pantai terdapat patung Dewi Kunti (Ibu Dari Pandawa bersaudara) dan Panca Pendawa (Pandawa Bersaudara) yaitu patung Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula dan sahadewa, Semua Patung di Bangun di sepanjang tebing limestone yang di Buat menjorok ke dalam Goa.   

Karena pantai ini semakin di kenal oleh wisatawan lokal dan manca negara, Pantai ini pun berbenah dengan berbagai pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum untuk memberikan kenyamanan Pengunjung.

Lokasi Pantai Pandawa 
lokasi Pantai pandawa terletak di desa Kutuh, Kuta Selatan, desa yang dahulunya menjadi satu dengan Desa Ungasan, Desa Kutuh terletak di antara Nusa Dua dan Uluwatu, sekitar 30 menit dari Airport Ngurah Rai. Denpasar. Silahkan lihat peta lokasi di bawah ini!
Aktivitas Di Pantai Pandawa
Ada beberapa aktivitas yang dapat di lakukan di pantai pandawa adalah Memancing, Bermain kanoe, Selancar, Berenang maupun sekedar bersantai sambil menikmati minuman ringan/Kelapa Muda, Tersedia  payung pantai dan lounge chair (Kursi yang memanjang menyerupai tempat tidur) yang di kelola oleh masyarakat sekitar.

Waktu Berkunjung ke pantai Pandawa
Pantai Pandawa terbuka untuk umum mulai pukul 9 Pagi sampai 7 Petang, Tapi waktu terbaik untuk datang adalah pada sore hari 5-6 Petang untuk menghindari panas terik matahari. Datang pada saat air surut atau air konda (Air setengah pasang dan setenga surut) untuk mengetahui pasang surut air laut pakai patokan Bulan, Pada bulan purnama/Bulan Mati (Istilah Bali:tilem) dan 5 hari setelahnya adalah waktu yang paling tepat untuk mengunjungi pantai pandawa pada sore hari, Karena air laut akan Surut dan menjelang surut pada sore hari.

Tiket Masuk Ke Pantai Pandawa: IDR. 8000 per person Domestik dan IDR. 15.000 foreigners per person
Demikian lah sejarah singkat dan aktivitas yang tersedia di Pantai Pandawa (Pandawa Beach) Semoga artikel ini Bermanfaat sebelum anda mengunjungi Pantai Pandawa Bali.

Info Terbaru: Kunjungi Link Berikut: Pantai Pandawa Bali




Comments

  1. Inside Goa:if you are plaaning to goa Before you visit Goa, visit TripAdvisor for the latest info and advice, written for travellers by travellers.


    goa news

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Paragliding Tandem Bali di Pantai Pandawa

Selain keindahan pantai pandawa dengan pasir putih dan pemandangn lautnya yang Biru dan Pasir putihnya, Tepatnya di atas tebing Pantati Pandawa terdapat olahraga aero sport yaitu Paragliding, Tandem   Paragliding di Bali sudah di kenal sejak tahun 90-an yang di populerkan oleh Alm. Bernard Fode, Lokasi tenpat mengudara dan landing nya di kenal dengan nama Timbis Beach Paragliding site. Paragliding tandem di Bali sudah ada sejak tahun 90-an hanya saja pada waktu awal perkembanganya di pakai untuk solo flying (terbang sendiri) menggunakan parasut khusus yang dapat di kendalikan oleh pilot nya. Beberapa tahun setelahnya, Timbis beach paragliding site semakin di kenal oleh bebrapa pilot nasional dan mancanegara untuk melakukan terbang layang di sepanjang pantai pandawa, event2 besar pernah di selenggarakan di sini seperthi eksebisi yng di adakan oleh TNI AU, Serta pemecahan rekor dengan melibatkan 88 penerbang pada 8/8/2008. Bali Paragliding Olah raga paragliding termasuk olah r